FGD DI SANGGAR TARI SEKAR PUTRI TUBAN “Pelestarian Budaya Daerah melalui Kesenian Tari” FTK PRODI PGMI IAI Al Hikmah Tuban Rabu, 15 Januari 2020

Field Study berikutnya ke Sanggar Tari Sekar Putri yang berada di Jl. Patimura, Gg. Lap. Timur No.56, Baturetno, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62318. Sanggar tari yang dirintis sejak 2000 ini terus berkembang dan eksis sepanjang tahun. Peserta kursusu tari meliputi anak TK, anak SD, SMP, SMA, bahkan mahasiswa. Semua memiliki jadwal yang sudah terstruktur dan tersistem dengan baik.

Ibu Sri Susilowati, S.Pd selaku ketua Sanggar dengan gigih dan sabar merintisnya. Bermula dari tempat sanggar yang beralaskan tanah dan berdinding bambu. Bertahun-tahun dibangun secara bertahap, hingga sekarang memiliki tempat khusus dan layak digunakan. Sekarang, Ibu Sri dibantu oleh putrinya yang bernama Dwi Cahyani P.S., S.Pd, dan dibantu satu orang lagi yang dulu menjadi asisten rumah tangga, kini juga menjadi pelatih tari, ia bernama Niyar Rustini.

Mahasiswa PGMI IAI Al Hikmah Tuban didampingi oleh ketua prodi dan dosen tetap prodi dengan khidmat menyimak apa yang disampaikan oleh Ibu Sri. Selain itu, mahasiswa juga menonton secara live  berbagai tarian yang dimainkan oleh para penari. Ada Tari “berkebun” yang dimainkan oleh anak Play Group. Tari “Kencana Winka” yang dimainkan oleh 7 anak SD. Dan tari Renggong yang dimainkan 2 anak SD.

Tinggalkan komentar