FIELD STUDY “Pengenalan Genre Sastra Anak” Di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban FTK PGMI IAI Al Hikmah Tuban

Mahasiswa PGMI FTK IAI Al Hikmah Tuban Bersama dosen-dosen PGMI mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban. Mahasiswa diajak untuk mengobservasi genre sastra anak yang ada di perpustakaan. Terlebih dahulu mahasiswa dibekali pengetahuan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban, Joko Prijono SH., M.Hum tentang macam-macam genre sastra anak yang ada dan berkembang di perpustakaan. Terdapat ratusan fiksi yang keseluruhan bacaan untuk anak, yang ditulis oleh orang dewasan dan juga anak-anak.

Kepala Dinas, Joko Prijono menyampaikan mahasiswa perlu mangaktifkan kultur di perpustakaan,  literasi baca-tulis perlu ditingkatkan, supaya generasi penerus bangsa tidak tertinggal dengan adanya kemajuan IPTEK. Terlebih lagi, di zaman milenial ini, perkembangan teknologi begitu cepat dan dahsyat dalam mengubah perubahan-perubahan baik dari segi teknologi maupun keilmuan lainnya.

Pasca acara seremonial dalam membuat kesepakatan kerjasama, mahasiswa difokuskan di raung baca anak. Secara individu mahasiswa mencari bahan tugas mata kuliah “Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia”. Sastra anak menjadi bahan dalam membedah sisi bahasa dan struktur karya sastra, meliputi struktur lahir dan struktur batin. Pada mata kuliah tersebut, mahasiswa semester 3 juga telah memiliki produk buku Antologi Puisi yang ditulis oleh mahasiswa satu kelas PGMI angkatan ke-3 dengan judul “Di Balik Pijakan Telapak Kaki Santri, ada Bukti”. Buku tersebut sebagai capaian mahasiswa dalam menciptakan karya sastra. Isi buku dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembelajaran Sastra do MI/Sederajat.

Tinggalkan komentar