Pelatihan untuk Mahasiswa PGMI IAI Al Hikmah Tuban “Strategi Penanggulangan Bencana” Oleh: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban Rabu, 15 Januari 2020

Rabu, 15 Januari 2020 Prodi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) IAI Al Hikmah Tuban. Tercacat semenjak November 2019 di BAN-PT Jakarta nama STAI Al Hikmah Tuban telah beralih status menjadi IAI Al Hikmah Tuban. Prodi PGMI mengadakan acara field study di BPBD Tuban. Tiga perwakilan dosen tetap PGMI, Ahmad Suyanto, Mpd., Zulfatun Anisah, M.Pd, dan Vita Fitiatul Ulya, S.Pd.I., M.Pd mendampingi mahasiswa PGMI semester tiga (angatan ke-3).

Dalam acara tersebut, disambut oleh Bapak Emil Pancoro (Sekretaris BPBD Tuban), Bapak Masduki (Damker BPBD), dan Pramono. Dalam sabitannya Pak emil menjelaskan bahwa bencana yang dialami manusia ada 3 jenis, antara lain: bencana alam, non-alam, dan bencana lain. Pihak BPBD telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, membentuk komunitas “Desa Tangguh Bencana”, dan juga “Keluarga Tangguh Bencana”. Segala bentuk bencana perlu dihadapi sesuai dengan ilmunya, karena jika penanganan yang salah dapat mengakibatkan kejadian yang fatal.

Kegiatan field study ini sebagai bentuk pendalaman Mata Kuliah “Geografi, Kependudukan, dan Lingkungan Hidup”. Mahasiswa perlu memperoleh praktik langsung bagaimana menangani bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Selain teori, penerapan langsung menjadi garis besar prodi, dalam menyiapkan outpot yang berbobot secara skill. Kegiatan tersebut akan dikembangkan lebih lanjut dengan berlandaskan kerjasama yang dibentuk antara PGMI FTK IAI Al Hikmah dengan BPBD Tuban.

Pelatihan dipandu langsung olah Bapak Pramono, beliau telah berkecimpung  di BPBD semenjak tahun 2000. Pengalaman yang dimiliki dalam membantu mengatasi bencana telah banyak disampaikan di Lembaga-lembaga Pendidikan.  Mahasiswa diajak ke lapangan cara menangani bencana kebakaran, banjir, serta perlengkapan logistik yang digunakan dalam mengatasi bencana. Pertemuan ditutup dengan symbol “Salam Tangguh!!!”

Tinggalkan komentar